Pendaftaran Beasiswa Adik Asuh dan Yatim Periode Juli 2025 – Juni 2026

PETUNJUK PELAKSANAAN (JUKLAK) BEASISWA ADIK ASUH & YATIM

PERIODE JULI 2025 – JUNI 2026

PENGERTIAN BEASISWA ADIK ASUH & YATIM

Program Beasiswa Adik Asuh & Yatim adalah Program Beasiswa yang bertujuan untuk mendukung dan memotivasi pelajar baik SD (Khusus Yatim), SMP dan SMA dalam mencapai cita-cita akademik dan karir mereka. Beasiswa ini dirancang untuk memberikan bantuan keuangan, pembinaan kepemimpinan, serta peluang pengembangan diri bagi penerima beasiswa

TUJUAN PROGRAM

Adapun tujuan program ini adalah:

  1. Memberikan dukungan keuangan kepada pelajar SD (khusus Yatim), SMP dan SMA.
  2. Meningkatkan akses terhadap pendidikan berkualitas.
  3. Mendorong pengembangan potensi individu melalui pelatihan dan mentoring.
  4. Membangun generasi penerus yang kompeten dan berintegritas.

SASARAN PROGRAM

Pelajar SD (Khusus Yatim), SMP, SMA yang berdomisili di Surakarta, atau lebih diprioritaskan domisili di sekitar UNS

RUANG LINGKUP PROGRAM

  • Program ini berlaku untuk pelajar SD (Khusus Yatim), SMP, SMA yang berdomisili di Surakarta
  • Program ini berlaku untuk pelajar SD (Khusus Yatim), SMP, SMA yang berdomisili di Surakarta yang memenuhi syarat berdasarkan hasil seleksi

PENANGGUNG JAWAB

Penanggung jawab program ini adalah Bagian Penyaluran UPZ UNS

PERSYARATAN PENDAFTARAN

PERSYARATAN UMUM

Beasiswa Adik AsuhBeasiswa Yatim
Siswa SMP dan SMA atau yang sederajatAnak Yatim Siswa SD atau yang sederajat
Beragama IslamBeragama Islam
Berasal dari keluarga kurang mampuBerasal dari keluarga kurang mampu
Domisili di sekitar UNSDomisili di sekitar UNS
Aktif dalam kegiatan keagamaanAktif dalam kegiatan keagamaan
Bersedia aktif mengikuti kegiatan pembinaan yang diadakan UPZ UNS baik untuk anak maupun orang tua/waliBersedia aktif mengikuti kegiatan pembinaan yang diadakan UPZ UNS baik untuk anak maupun orang tua/wali

PERSYARATAN KHUSUS

Pendaftar wajib mengumpulkan berkas – berkas berikut ke kantor UPZ UNS :

  1. KTP orang tua & Kartu Pelajar siswa (Fotocopy)
  2. Kartu keluarga (Fotocopy)
  3. Surat keterangan tidak mampu dari RT/RW/kelurahan
  4. Akta kematian Ortu (Bagi yang yatim) (Fotocopy)
  5. Nilai Rapor terakhir (Fotocopy)

PROSEDUR PENDAFTARAN

  • Mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan di kantor UPZ UNS.
  • Mengumpulkan formulir pendaftaran yang telah diisi bersama berkas lampiran persyaratan ke kantor UPZ UNS.

WAKTU PELAKSANAAN

Waktu pelaksanaan dari program ini adalah untuk periode Juli 2025 sampai Juni 2026.

Adapun tahap awal dimulai dengan pendaftaran dan seleksi yaitu :

  1. Pendaftaran                   : 23– 28 Juni 2025
  2. Seleksi administrasi      : 30 Juni – 02 Juli 2025
  3. Wawancara                   : 02 – 11 Juli 2025
  4. Pengumuman                : 14 Juli 2025

INFORMASI & TEMPAT PENDAFTARAN

Kantor UPZ UNS

Kompleks Masjid Nurul Huda UNS

Jl. Ir. Sutami  36A Kentingan Surakarta 57126

Jam kerja : Senin – Jum’at Pukul 08.00 – 15.00 WIB

Hp. 0851-6102-2953

Download Surat dan Juklak : Pdf