Pendaftaran Beasiswa Adik Asuh dan Yatim Periode Juli 2025 – Juni 2026

PETUNJUK PELAKSANAAN (JUKLAK) BEASISWA ADIK ASUH & YATIM
PERIODE JULI 2025 – JUNI 2026
PENGERTIAN BEASISWA ADIK ASUH & YATIM
Program Beasiswa Adik Asuh & Yatim adalah Program Beasiswa yang bertujuan untuk mendukung dan memotivasi pelajar baik SD (Khusus Yatim), SMP dan SMA dalam mencapai cita-cita akademik dan karir mereka. Beasiswa ini dirancang untuk memberikan bantuan keuangan, pembinaan kepemimpinan, serta peluang pengembangan diri bagi penerima beasiswa
TUJUAN PROGRAM
Adapun tujuan program ini adalah:
- Memberikan dukungan keuangan kepada pelajar SD (khusus Yatim), SMP dan SMA.
- Meningkatkan akses terhadap pendidikan berkualitas.
- Mendorong pengembangan potensi individu melalui pelatihan dan mentoring.
- Membangun generasi penerus yang kompeten dan berintegritas.
SASARAN PROGRAM
Pelajar SD (Khusus Yatim), SMP, SMA yang berdomisili di Surakarta, atau lebih diprioritaskan domisili di sekitar UNS
RUANG LINGKUP PROGRAM
- Program ini berlaku untuk pelajar SD (Khusus Yatim), SMP, SMA yang berdomisili di Surakarta
- Program ini berlaku untuk pelajar SD (Khusus Yatim), SMP, SMA yang berdomisili di Surakarta yang memenuhi syarat berdasarkan hasil seleksi
PENANGGUNG JAWAB
Penanggung jawab program ini adalah Bagian Penyaluran UPZ UNS
PERSYARATAN PENDAFTARAN
PERSYARATAN UMUM
Beasiswa Adik Asuh | Beasiswa Yatim |
Siswa SMP dan SMA atau yang sederajat | Anak Yatim Siswa SD atau yang sederajat |
Beragama Islam | Beragama Islam |
Berasal dari keluarga kurang mampu | Berasal dari keluarga kurang mampu |
Domisili di sekitar UNS | Domisili di sekitar UNS |
Aktif dalam kegiatan keagamaan | Aktif dalam kegiatan keagamaan |
Bersedia aktif mengikuti kegiatan pembinaan yang diadakan UPZ UNS baik untuk anak maupun orang tua/wali | Bersedia aktif mengikuti kegiatan pembinaan yang diadakan UPZ UNS baik untuk anak maupun orang tua/wali |
PERSYARATAN KHUSUS
Pendaftar wajib mengumpulkan berkas – berkas berikut ke kantor UPZ UNS :
- KTP orang tua & Kartu Pelajar siswa (Fotocopy)
- Kartu keluarga (Fotocopy)
- Surat keterangan tidak mampu dari RT/RW/kelurahan
- Akta kematian Ortu (Bagi yang yatim) (Fotocopy)
- Nilai Rapor terakhir (Fotocopy)
PROSEDUR PENDAFTARAN
- Mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan di kantor UPZ UNS.
- Mengumpulkan formulir pendaftaran yang telah diisi bersama berkas lampiran persyaratan ke kantor UPZ UNS.
WAKTU PELAKSANAAN
Waktu pelaksanaan dari program ini adalah untuk periode Juli 2025 sampai Juni 2026.
Adapun tahap awal dimulai dengan pendaftaran dan seleksi yaitu :
- Pendaftaran : 23– 28 Juni 2025
- Seleksi administrasi : 30 Juni – 02 Juli 2025
- Wawancara : 02 – 11 Juli 2025
- Pengumuman : 14 Juli 2025
INFORMASI & TEMPAT PENDAFTARAN
Kantor UPZ UNS
Kompleks Masjid Nurul Huda UNS
Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan Surakarta 57126
Jam kerja : Senin – Jum’at Pukul 08.00 – 15.00 WIB
Hp. 0851-6102-2953
Download Surat dan Juklak : Pdf